Wednesday, April 8, 2015

Adventure Indonesia Tour di Kawah Ijen yang Aktif

adventure indonesia tour
sumber foto: Dennis Stauffer

Ada sebuah adventure Indonesia tour yang membawa pesertanya mendaki ke pusat dari gunung berapi yang masih aktif, Kawah Ijen, yang ada di Pulau Jawa pada jam 2 pagi. Pemandu tur ini akan membawa pesertanya merasakan sepenuhnya petualangan yang membuat mereka bagaikan tidak siap untuk menikmati apa yang bisa mereka lihat. Perjalanan yang awalnya terasa berat berubah menjadi perjalanan yang tidak terlupakan dan salah satu perjalanan terbaik yang pernah dilakukan.


Gunung berapi yang bernama Kawah Ijen ini berada di daerah timur Pulau Jawa. Tempat ini juga termasuk rangkaian dari gunung api yang termasuk di dalamnya adalah Gunung Raung, Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Merapi. Kawah Ijen dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki pemandangan yang menakjubkan di pulau ini, berkat besarnya bagian yang mengelilingi gunung api, dan juga danau pirus yang indah yang berada di kawah gunung api ini. Danau ini juga merupakan danau asam terbesar di dunia.

Pada dasarnya, kawah ini terdapat semburan gas belerang yang keluar dari gunung. Belerang ini lalu terbakar karena bersentuhan dengan udara. Hasilnya adalah bisa terlihat cahaya api berwarna biru yang menakjubkan yang hanya bisa dilihat di malam hari dan hanya di bagian-bagian tertentu dari kawah ini. Cahaya biru yang mistis ini memang tidak biasa tetapi memiliki keindahan yang memikat siapa pun yang melihatnya. Sudut dimana untuk bisa melihat api berwarna biru ini tergantung dari kondisi dai kawah. Sehingga penting untuk menyewa pemandu yang memiliki pengetahuan menyeluruh dalam mendaki gunung ini supaya bisa menyaksikan api ini.

Ada pemandangan lain yang sama menakjubkannya dengan api berwarna biru tersebut, mungkin dianggap lebih hebat yakni penambang belerang yang bekerja di dalam kawah ini. Pekerjaan mereka terlihat meletihkan, karena ini merupakan pekerjaan yang tidak ada satu orang pun yang mau melakukannya tanpa alasan lain, selain membutuhkan pemasukan. Penambang ini memulai jam kerjanya dari jam 4 pagi, dengan mendaki sejauh 4 kilometer ke gunung api. Pekerjaan penambang adalah untuk mematahkan belerang dan membawa beban yang berat tersebut di pundaknya menuju kilang minyak terdekat. 

Keindahan bentang alam sekitar, api berwarna biru yang misterius, dan penambang belerang yang mengagumkan, semua ini bisa dinikmati dengan adventure Indonesia tour di Kawah Ijen. Untuk yang ingin melakukan perjalanan ke tempat ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Waktu terbaik untuk mendaki tempat ini adalah sekitar jam 2 atau 3 pagi. Cara ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi sekitar cukup gelap untuk melihat api berwarna biru.

Jika kondisi tempat ini sedang cerah di pagi hari, peserta tur bisa menyaksikan proses terbitnya matahari yang sangat indah dan kawah danau asam. Perjalanan ke puncak gunung api sekitar 3 kilometer, dan perjalanan 1 kilometer lagi untuk memasuki kawah. Sangat diharuskan untuk melakukan perjalanan bersama pemandu jika ingin memasuki kawah. Pastikan untuk mengenakan sepatu mendaki yang bagus dan pakaian yang nyaman. Membawa minuman dan tisu dan membawa masker untuk menutupi mulut jika kondisi kawah sedang buruk.

Informasi lainnya seputar adventure Indonesia tour di superadventure.co.id.

No comments:

Post a Comment