Thursday, March 26, 2015

Mengetahui Informasi Dasar Mengenai Olahraga Ekstrim dan Manfaatnya

olahraga ekstrim dan manfaatnya
sumber foto: shikhar

Ketika sebagian orang memilih untuk bersenang-senang dengan bermain kartu atau berbelanja, untuk sebagian orang lainnya yang sudah mengetahui olahraga ekstrim dan manfaatnya lebih memilih untuk bersenang-senang dengan terjun dari tebing, mendaki gunung es dan berjibaku melawan ombak. Penyuka olahraga yang menantang ini memberanikan diri untuk menghadapi kondisi alam yang paling menantang, berharap untuk bisa bertahan dan menaklukannya. 


Meskipun arti dari olahraga ekstrim menjelaskan ciri khas umum dari kegiatannya. Tetapi penjelasan tersebut hanya sedikit menggambarkan adrenalin, bahaya dan ketegangan yang dimiliki olahraga yang menantang tersebut. Menurut sebuah website, olahraga ekstrim biasa dianggap untuk mengkelompokkan aktivitas tertentu yang memberikan tingkat bahaya yang tinggi. Bahkan, website tersebut lebih lanjut menjelaskan bahwa olahraga tersebut merupakan aktivitas yang sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik tingkat tinggi dan peralatan spesial atau gerakan yang spektakuler.

Jenis olahraga ini bisa menjadi olahraga kompetisi atau tidak dan sering hanya melibatkan individu dibandingkan tim. Besarnya bahaya yang dimilikinya bersama dengan tempat melakukan olahraga membuat pesertanya memiliki resiko tinggi untuk cedera dan kematian jika ada kecelakaan atau kesalahan. Jenis olahraga air yang menantang adalah selancar dan bodyboard, pelaku olahraga air ini menantang ombak laut yang menggiurkan yang hanya menggunakan tubuh dan papan. 

Peselancar menggunakan papan yang cukup panjang, sedangkan bodyboarder menggunakan papan yang lebih kecil. Jika tidak ingin menggunakan papan, pilihan olahraga yang bisa diambil adalah arung jeram atau dayung ekstrim. Untuk kedua olahraga air ini, pelakunya menggunakan perahu dan dayung untuk menaklukan arus air yang berbahaya. Untuk dayung ekstrim, perahu yang digunakan biasanya sempit dan terbuat dari kayu, sedangkan arung jeram menggunakan perahu karet besar. Olahraga ekstrim lainnya yang termasuk olahraga air adalah terjun dari tebing, ski air tanpa alas kaki dan scuba diving.

Sedangkan pegunungan merupakan tempat utama untuk olahraga berpetualang sepanjang tahun. Selama musim kemarau ketika hujan tidak turun, peserta olahraga ekstrim pergi ke gunung untuk melakukan bersepeda gunung dan panjat tebing. Untuk bersepeda gunung, pengendara sepeda menaklukan medan sulit dan jalur menurun. Untuk panjat tebing, pendaki mendaki formasi bebatuan alami menggunakan tangannya dan beberapa jenis peralatan khusus untuk menghindari jatuh ke bawah.

Jika lebih memilih untuk berada di udara dibandingkan di air atau daratan, maka dengan mengetahui olahraga ekstrim dan manfaatnya bisa merasakan sensasi yang jaug berbeda. Umumnya, olahraga-olahraga ini melibatkan pesertanya melemparkan dirinya ke udara pada ketinggian yang luar biasa. Base jumping atau terjun payung melibatkan peserta untuk melompat dari gedung, antena, jembatan, tebing atau pesawat terbang dan menggunakan parasut untuk melayang dengan aman ke tanah. Bungee jumping juga melibatkan terjun dari udara dari ketinggian tertentu. Pesertanya dihubungkan dengan tali elastis yang besar, yang akan menghindari peserta menyentuh tanah.

Dapatkan informasi mendalam tentang olahraga ekstrim dan manfaatnya di SuperAdventure.co.id.