Friday, January 9, 2015

Yang Perlu Diketahui Sebelum Memberikan Mainan Bayi 4 Bulan

mainan bayi 4 bulan
sumber foto: melbournegirl

Ketika bayi baru lahir, ia akan menghabiskan harinya dengan tidur, tetapi ketika ia mulai tumbuh dan memiliki waktu terbangun yang lebih banyak, orang tua akan menjadi bersemangat untuk mengetahuinya lebih baik, mainan bayi 4 bulan sederhana yang perlu dimainkan oleh orang tua untuk memicu pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih baik. Waktu bermain terjadi secara alami pada bayi dan anak kecil, tetapi orang tua bisa membuat waktu ini semakin lebih menarik dengan mendorong bayi untuk bermain dengan berbagai jenis mainan dan orang tua bisa memberikan pujian ke bayi ketika ia berhasil mempelajari hal baru.

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh bayi baru lahir hingga usianya memasuki 3 bulan seperti bayi bisa mengikuti benda yang bergerak dengan kedua matanya dan ia akan mengalihkan perhatianya jika ada sesuatu yang bisa mengeluarkan suara. Bayi kemungkinan akan menangis ketika mendengar suara kencang yang muncul tiba-tiba. Gerakannya akan mulai semakin halus dan lebih kuat setelah lebih dari 3 bulan pertama. Dari usia 3 bulan, bayi harus bisa untuk tengkurap dan mulau menudukng dirinya menggunakan lengan.

Bayi yang baru lahir dilahirkan dengan refleks menggenggam, sehingga jika menempatkan sesuatu di kepalannya maka ia akan secara naluri meringkuk jari-jari di sekitarnya. Ketika usianya memasuki 2 bulan, ia mungkin sudah mulai bisa menggenggam benda yang berada di sekitarnya dan di usia 3 bulan, bayi kemungkinan mencoba untuk memukul dan menggenggam benda yang dilihatnya. Mainan yang cocok untuk bayi pada usia ini adalah maianan kericikan, mainan lembut, mainan musikal dan masih banyak lagi.
 
Untuk mainan bayi 4 bulan hingga 6 bulan, di usia ini bayi sudah memiliki koordinasi tangan dan mata yang berkembang dengan konstan dan sang buah hati akan mencoba untuk menggenggam, menyentuh dan menarik benda-benda yang ada di sekitarnya. Mainan kerincingan dan lainnya kemungkinan akan dimasukkan langsung ke mulutnya sehingga orang tua harus memastikan bahwa yang berada di sekitar bayi sudah kering. Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, ia mungkin akan mencoba mengambil mainan yang berada di belakangnya dan ia mungkin mencoba untuk memindahkan benda dari tangan kanan ke tangan kiri atau sebaliknya.
 
Ketika mainan bayi 4 bulan hingga 6 bulan diberikan, membuat bayi ingin menyentuh, memegang, memutar, menggoyangkan dan memasukan benda ke mulutnya. Bayi akan mulai untuk belajar mengetahui penyebab dan pengaruh. Bayi bisa memfokuskan pandangannya pada jarak yang berbeda. Bayi akan mulai menjadi tertarik dan tersenyum ketika melihat dirinya di kaca. Bayi juga akan mulai untuk menggerakan kepalanya untuk melihat benda-benda. Dan bayi seharusnya sudah bisa berguling dan duduk dengan bantuan.

Dapatkan pengetahuan lebih lanjut mengenai mainan bayi 4 bulan di aswirman.com.