Monday, January 12, 2015

5 Panduan Dalam Menjalankan Bisnis Menggunakan Virtual Office Indonesia

virtual office indonesia
sumber foto: cisco

Dengan menggunakan virtual office Indonesia, membuat perusahaan dapat memberikan karyawannya kebebasan untuk bekerja dari jarak jauh, yang pada akhirnya bisa meningkatkan produktivitas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford di tahun 2013 menemukan bahwa 19 persen karyawan menjadi lebih produktif ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Penelitian lainnya dilakukan oleh Deloitte yang mengatakan bahwa 30 hingga 40 persen dari tempat kerja fisik menjadi kosong di berbagai kesempatan pada hari bisnis biasa.


Memang ini merupakan hal yang beresiko untuk perusahaan melepaskan kendali terhadap keseharian karyawannya tetapi paling tidak perusahaan tidak harus menyewa tempat kerja yang mahal dengan segala peralatan dan biaya tambahan lainnya. Berikut ini adalah panduan untuk membuat virtual office Indonesia bisa membuat bisnis berjalan lancar:

1. Memanfaatkan teknologi awan
Satu-satunya cara supaya perusahaan bisa membuat bisnis berjalan secara virtual akhir-akhir ini adalah dengan menggunakan teknologi awan secara penuh. File akan disimpan di tempat penyimpanan awan, surat berbasis website seperti Gmail dan aplikasi pesan singkat seperti Skype akan membantu perusahaan mengakali perbedaan jarak fisik antara tempat bisnis dan tempat karyawannya berada.

2. Meningkat teknologi yang digunakan
Teknologi terakhir bisa membuat seseorang bisa memberikan perintah mencetak dokumen dari smartphone atau gadget ke mesin pencetak wireless atau tanpa kabel. Sehingga seseorang sedang berada di perjalanan dengan tidak memiliki akses dengan komputers, ia bisa mengirimkan pesan pencetakan dokumen langsung ke mesin pencetak publik di perpustakaan atau toko pencetak. Sama halnya, sebuah kamera bisa membuat laptop menjadi sama efektifnya seperti penggunaan fasilitas konferensi video. Jika sistem tidak memberikan fasilitas yang memiliki kemampuan yang fleskibel pastikan mereka akan melakukannya.

Namun, ada peringatan terhadap perilaku perusahaan untuk tidak menjadi korban dari kemewahan teknologi. Untuk itu, perlu memahami dasar yang benar terlebih dahulu. Meggunakan progam dan alat yang dirasa paling nyaman, beli untuk infrastruktur yang bagus dan jangan merasa takut untuk mendapatkan bantuan dalam menyusun sistem.

3. Mempunyai tim virtual dan juga tempat bekerja virtual
Jika perusahaan tidak memiliki dana tambahan untuk mempekerjakaan karyawan untuk bagian staff pembantu, jalan keluarnya adalah dengan menggunakan staff dari virtual office Indonesia. Sehingga perusahaan hanya perlu membayar bantuan yang diperlukan dengan tidak ada tagihan rutin tiap bulan. Sehingga jika akan menghadapi minggu-minggu sibuk, pemilik perusahaan bisa mendatangkan bantuan yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Ketika kondisi kembali seperti semula maka karyawan bantuan tersebut bisa dikembalikan. Dengan menggunakan bantuan ini juga membuat perusahaan bisa terhindari dari karyawan absen karena liburan atau sakit.

4. Jalan lupa untuk kadang perusahaan membutuhkan tempat fisik untuk melakukan pertemuan
Memang merupakan hal yang menggoda untuk duduk berdiam lalu menghitung biaya simpanan yang telah dikumpulkan dengan tidak perlu membayar biaya gedung kantor tetapi perlu diingat bahwa kadang perusahaan membutuhkan kesamaan dalam formalitas dan tentu saja melakukan pertemuan di dapur atau di kafe yang bising bukan merupakan hal yang layak untuk dilakukan. Dengan menggunakan virtual office Indonesia, perusahaan bisa mendapatkan alamat tujuan surat, layanan penerusan pesanan dan ruang pertemukan yang tersedia dalam waktu per jam atau setengah hari.

5. Belajar untuk melepaskan
Salah satu hal yang paling penting dari menjalankan virtual office Indonesia adalah kepercayaan. Berikan kepercayaan kepada karyawan untuk memilih jam kerjanya, bagaimana pun caranya. Banyak orang bekerja dari jarak jauh sehingga mereka bisa menyesuaikan jam kerja bersama dengan jam untuk mengerjakan keperluan sehari-hari seperti mengantar/menjemput anak di sekolah sehinga kelenturan jam kerja akan menjadi kunci untuk mendapatkan talenta terbaik.

Dapatkan panduan lain menggunakan virtual office indonesia di aswirman.

No comments:

Post a Comment