Thursday, December 10, 2015

Tips Untuk Melakukan Touring Motor Seorang Diri

touring motor seorang diri
sumber foto: theridingobsession

Menjelang musim liburan, jika ingin mencoba sesuatu yang baru maka pilihan touring motor seorang diri bisa menjadi pilihan yang bagus. Mungkin rencana ini terdengar kurang menarik tetapi terdapat sejumlah tantangan yang membuat pengalaman ini menjadi sesuatu yang mungkin sulit untuk dilupakan. Untuk bisa berhasil menjalankannya ada sejumlah tips yang bisa membantu perjalanan. Tips yang pertama adalah beri tahu teman dan saudara di luar kota mengenai perjalanan ini yang melewati tempat tinggal mereka. 


Dengan begini kita tidak merasa sendiri meskipun melakukan perjalanan seorang diri. Bertemu dengan teman lama atau saudara jauh bisa merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengenang kenangan yang dimiliki. Selain itu, jika tidak keberatan, dibandingkan perlu mengeluarkan uang untuk menyewa kamar hotel murah, kita bisa menginap satu malam di rumah mereka. Tidak hanya menghubungi teman dan saudara jauh saja, dalam perjalanan kita tidak boleh lupa untuk memberikan kabar kita kepada orang yang berada di rumah. Dengan begini tidak akan ada yang khawatir dan hubungan kita masih tetap erat meskipun ada jarak yang memisahkan.

Tips kedua adalah memulai lebih awal dan berakhir lebih awal juga. Ketika sedang dalam perjalanan, seharusnya sudah bangun pada jam 6 pagi, mandi, sarapan, berkemas dan sudah berangkat pada jam 8 pagi, jika mungkin usahakan lebih awal. Merupakan sesuatu yang luar biasa dalam melihat keadaan penduduk sekitar bangun dari bangku motor dan jika berencana menempuh perjalanan jarak yang jauh, semakin awal memulai maka semakin awal juga bisa menyelesaikan perjalanan. Dengan berakhir lebih awal, pengendara bisa memilih tempat menginap dengan nyaman, bisa mandi, makan malam dan tidur jam 10 malam. Ini dianggap sebagai resep untuk bisa tetap segar dalam perjalanan, menempuh jarak yang jauh dan tetap aman.

Mengenakan penyumbat telinga. Alat ini perlu selalu dikenakan, tidak hanya sekedar untuk melindungi pendengaran tetapi bisa secara besar mengurangi rasa lelah. Helm merupakan tempat yang berisik, khususnya ketika sedang menempuh jarak dalam kecepatan tinggi pada motor yang tidak memiliki kaca depan. Otak akan mencoba dengan sangat keras untuk memproses semua suara angin dan menentukan apakah ada sesuatu yang penting untuk didengar, yang merupakan sebuah ketegangan mental yang terus berlanjut.

Penyumbat telinga bisa memotong kebanyakan, tidak semua, dari suara dan setelah seseorang membiasakan diri, maka pengendara bisa benar-benar mendengar apa yang ada di sekitarnya dengan baik. Satu area sebenarnya yang menjadi manfaat adalah pengendara bisa meningkatkan kemampuan untuk mendengar suara mekanik apa pun yang keluar dari motor, yang merupakan nilai keselamatan tambahan. Tidak disarankan untuk menggunakan modifikasi penyumbat telinga yang bisa memainkan lagi. Dari pengalaman yang sudah dialami, cara ini bisa mengganggu pengendaran dan membuat mereka perlu meninggikan suara musiknya untuk bersaing dengan suara angin yang bisa merusak telinga mereka.

Secara rutin memeriksa sepeda motor menjadi tips touring motor seorang diri yang terakhir. Merupakan sesuatu yang sangat penting untuk pengendara menyadari adanya masalah mekanik yang ada pada motornya sebelum memulai perjalanan, khususnya untuk perjalanan jarak jauh dan seorang diri. Jadi periksa motor di pagi hari seelum berangkat, dan periksa kembali ketika memarkir kendaraan, periksa sebelum masuk ke penginapan dan lainnya. Bagian yang penting untuk diperiksa adalah roda, injakan, tidak ada kabel yang keluar, tidak ada tusukan yang diterima dan lainnya serta periksa apakah ada kebocoran lalu jangan lupa membersihkan sepeda motor.

Dapatkan masih banyak lagi tips lainya tentang touring motor seorang diri di Super Adventure.