Monday, December 7, 2015

Inilah Rekomendasi Pilihan Makanan Bayi 6 Bulan dan Seterusnya

makanan bayi 6 bulan
sumber foto: thechampatree

Berhenti memberikan ASI atau susu formula dan beralih memberikan makanan bayi 6 bulan menjadi sebuah perubahan yang menyenangkan bagi orang tua dan bayi. Karena ini merupakan langkah besar ke depan untuk buah hati dalam memasuki dunia baru dalam rasa dan bentuk. Makanan padat pertama yang diberikan kepada si kecil harus bisa dengan mudah dicerna dan tidak memiliki kemungkinan memicu reaksi alergi. Orang tua juga jangan tergoda untuk menambahkan garam atau gula ke makanan bayi, meskipun makanannya terasa hambar. 


Karena garam memiliki kemungkinan bisa membahayakan ginjal bayi dan gula akan mendorong gigi manis. Untuk minggu-minggu pertama, bukanlah ide yang bagus untuk memberikan campuran makanan selain dari nasi bayi yang dicampur dengan bubur buah-buahan atau sayuran. Perubahan dari memberi makan susu dengan makanan padat merupakan waktu yang bagus untuk menemukan apakah ada makanan yang tidak bisa ditolerir dengan baik oleh buah hati. dan ketika makanan dicampur jadi satu, maka ini akan menjadi sulit untuk diketahui makanan yang mana yang menimbulkan masalah pada bayi.

Untuk bahan bubur sayuran pilihan yang pertama adalah wortel. Sayuran yang kaya akan karoten ini, merupakan dasar dari bentuk vitamin A dan bisa menjadi pilihan makanan perubahan yang bagus, dengan bayi menyukai rasa manis alaminya. Wortel yang lebih gelap dan tu mengandung beta-karoten yang lebih banyak dibandingkan dengan wortel bayi yang baru. Akar sayuran juga bisa menjadi bahan makanan perubahan yang bagus karena rasa manis alaminya dan tekstur lembut yang dimiliki setelah diubah menjadi bubur. Coba gunakan akar wortel, kentang, ubi, butternut squash, dan rutabaga.

Butternut squash merupakan sayuran yang bisa dengan mudah dicerna dan jarang menyebabkan alergi, oleh karena itu, sayuran ini menjadi pilihan bahan makanan perubahan yang sempurna. Dengan bahan ini menyediakan sumber yang bagus untuk betakaroten. Ubi menyediakan sumber yang bagus untuk pati dan serat. Bahan ini juga mengandung antioksiden, vitamin D dan E. Ubi jalar datang 2 jenis, isi yang berwarna jingga dan isi yang lembut. Kedua jenis ini memiliki kulit berwarna merah dan keduanya merupakan sumber yang bagus dari kalium, vitamin C dan serat. Disarankan untuk menggunakan ubi jalar yang isinya berwarna jingga karena jenis ini juga merupakan sumber yang bagus untuk betakaroten.

Untuk pilihan bahan buah-buahan yang pertama adalah bubur apel. Dengan bahan makanan padat buah ini sangat mudah dicerna membuat apel merupakan makanan bayi 6 bulan yang bagus. Ada pola makan yang memiliki singkatan BRAT atau pisang (banana), beras (rice), apel (apple), dan roti panggang (toast), menjadi pola makan terkenal oleh para dokter untuk meredakan diare. Pektin, serat larut yang ada di apel ini juga bisa membantu untuk melawan rasa mulas. 

Isi pepaya juga menjadi pilihan yang bagus karena mudah ditelan, sehingga pepaya menjadi bahan perubahan makanan yang ideal. Bahan ini memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten yang kaya dan 3 ons dari buah ini akan bisa menyediakan kecukupan kebutuhan vitamin C harian. Pepaya juga memiliki kandungan serat larut yang tinggi, yang dianggap merupakan manfaat yang penting untuk memiliki fungsi pencernaan yang bagus. Pepaya juga mengandung enzim yang bisa membantu pencernaan.

Ketahui rekomendasi lainnya untuk makanan bayi 6 bulan di Merries Indonesia.