Thursday, October 22, 2015

Langkah-Langkah Dalam Mengganti Popok Bayi Baru Lahir Laki-Laki

sumber foto: popsugar

Orang tua yang sudah berpengalaman sudah mengetahui bahwa mengganti popok bayi baru lahir laki-laki merupakan sesuatu hal yang cukup sulit. Sering bergerak mungkin biasa ditemukan pada kebanyakan bayi tetapi untuk bayi dengan jenis kelamin ini ada kecenderungan bahwa buah hati akan buang air kecil dalam proses penggantian ini. Tindakan ini mereka lakukan bukan bertujuan untuk membuat orang tuanya merasa marah tetapi karena dengan udara mengenai kulitnya secara langsung dan bayi menjadi merasa dingin dan tanpa sengaja mereka akan buang air kecil.


Mungkin ada orang yang menganggap bahwa merupakan sesuatu yang lucu ketika ada orang tua yang terkena buang air kecil bayinya. Namun, hal ini tidak akan terasa lucu, ketika kita yang menjadi orang tuannya. Namun, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua dari bayi laki-laki untuk menghindarinya terkena buang air kecil bayinya atau harus mengganti popok lagi meskipun popok yang bayi kenakan baru dipasang. Simak panduannya di bawah ini.

Ketika mengganti popok bayi baru lahir laki-laki, jangan biarkan popok yang kotor untuk terbuka lebar, dengan tetap membiarkan popok di atas, ini akan menjadi pelindung antara orang tua dengan bayi jika misalnya sang buah hati mulai buang aur kecil lagi. Umumnya, bayi laki-laki cenderung akan buang air kecil ketika alat kelaminnya terkena udara. Karena ukuran dan lokasi dari alat kelaminnya, membuat pipisnya cenderung mengarah ke atas dan menjauhi tubuh bayi dan bisa diprediksi bahwa jika tidak ditutupi maka pipis ini akan mengenai wajah atau dada orang tua ketika sedang mengganti popok. Jangan buka atau lepaskan popok kotor sebelum bayi benar-benar sudah selesai buang air kecil.

Setelah bayi selesai buang air kecil, buka popok kotor dan bersihkan bagian bayi yang tertutup oleh popok. Pastikan untuk membuang semua jenis bekas kotoran yang mungkin ada di punggung bayi atau ada yang tersangku diantara pipi dari bokong bayi. Jika tidak dibersihkan secara menyeluruh maka bekas kotoran ini bisa menyebabkan infeksi saluran kencing danbisa mengiritasi kulit bayi jika tertinggal. Pastikan juga untuk membersihkan alat kelamin bayi laki-laki untuk menghilangkan jika ada cairan buang air kecil yang masih menempel di kulit bayi. Dengan pipis memiliki kandungan amonia yang bisa membuat iritasi kulit jika lolos dari pemeriksaan.

Setelah bayi selesai dibersihkan, letakkan popok baru di bawah bokongnya dan oleskan bedak bayi jika perlu. Bedak bayi ini bisa membantu untuk mengobati atau menghindari terjadinya ruam popok. Pasang ikatan popok dengan kuat tetapi jangan sampai menghambat sirkulasi apa pun pada tubuh bayi yang masih berkembang. Setelah popok bayi baru selesai dipasang maka bayi bisa kembali ke aktivitasnya. Setelah itu, tugas orang tua adalah membersihkan lokasi ganti popok karena jika berada dalam kondisi tidak dibersihkan maka lokasi ini akan mengeluarkan bau jika ada bekas kototan atau pipis yang tersisa.

Simak banyak info lainnya seputar popok bayi baru lahir laki-laki di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment