Thursday, October 15, 2015

Petunjuk yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalani Senam Ibu Hamil 7 Bulan

senam ibu hamil 7 bulan
sumber foto: livestrong

Dengan usia kehamilan memasuki trimester terakhir atau ketiga, senam ibu hamil 7 bulan merupakan sebuah rutinitas yang harus menjadi bagian aktivitas sehari-hari. Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2009 menyatakan bahwa hanya 11 persen dari dari wanita hamil sehat yang mengaku bahwa mereka merupakan wanita yang secara rutin melakukan aktivitas olahraga senam di trimester ketiga. Meskipun ingin mengurangi rutinitas ini, bukan berarti wanita hamul harus meninggalkan aktivitas ini yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayinya.


Untuk wanita hamil yang meragukan dirinya dalam melakukan aktivitas olahraga senam ini perlu bertanya kepada dokter kehamilannya. Karena kebanyakan ibu hamil yang sehat, terutama yang tetap aktiv selama mengandung, diperbolehkan untuk melanjutkan rutinitas berolahraga di bulan ke-7, bahkan jika perut semakin membesar dan kebugaran yang membuat mereka mengalami penurunan kecepatan. Memang tidak semua ibu hamil yang memiliki kontraindikasi tertentu, yang membuat mereka tidak diperbolehkan berolahraga, tetapi mereka bisa menemukan cara lain dengan berdiskusi dengan dokter kehamilannya mengenai aktivitas fisik.

Jika wanita hamil memiliki resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi sampai kehamilan prematur, maka dokter kehamilan kemungkinan akan menyarankan mereka untuk hanya melakukan aktivitas-aktivitas ringan seperti berjalan, dan ada juga yang diminta untuk berhenti berolahraga. Asosiasi kehamilan Amerika Serikat mencatat bahwa ibu hamil bisa meneruskan berolahraga selama kehamilan jika detak jantungnya tetap kurang dari 140 detakan per menit. Hal ini berarti aktivitas olahraga senam masih diperbolehkan selama aktivitas wanita hamil tidak membuatnya memiliki detak jantung lebih dari angka maksimum yang disarankan.

Targetkan untuk melakukan senam ibu hamil 7 bulan selama 30 menit setiap hari dengan bisa diselingi oleh aktivitas lainnya seperti berenang, berjalan, dan menari. Hindari melakukan latihan yang membuat wanita hamil memaksakan diri atau yang membuatnya kehilangan keseimbangan, seperti bermain ski, kickboxing, dan ski air. Untuk pilihan senam yang direkomendasikan adalah senam yoga hamil, karena bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mempertahan kelenturan selam hamil.

Dengan wanita hamil memasuki usia 7 bulan dan trimester ketiga, ia mungkin menemukan bahwa perut hamil yang semakin membesar membuat dirinya semakin sulit untuk menjaga keseimbangan, untuk itu ibu hamil perlu memastikan adanya tembok atau kursi di dekatnya. Jika mengikuti kelas senam, beri tahu pemandu bahwa Anda sedang berada di usia kehamilan 7 bulan dan mungkin ia akan mengubah gerakan-gerakan menjadi yang aman untuk dilakukan dalam kondisi kehamilan di usia ini.

Supaya melakukan senam terasa lebih nyaman di bulan ketujuh, ibu hamil perlu menghindari gerakan yang memerlukannya untuk membuatnya berbaring lurus di lantai, dan wanita hamil perlu memastikan bahwa dirinya tetap berada di tingkat hidrasi yang aman selama berolahraga dengan meminum air putih sebelum latihan dan 1 gelas air setiap 20 menit berolahraga. Petunjuk terakhir adalah olahraga apa pun yang menyebabkan rasa sakit, bernapas jadi cepat atau latihan yang membuat kebugaran mudah teruras perlu dihentikan dan didiskusikan dengan dokter kehamilan.

Simak masih banyak petunjuk dari senam ibu hamil 7 bulan di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment