Tuesday, July 14, 2015

Menyimak Proses yang Terjadi Dalam Kalkulator Kehamilan dan Perkembangan Janin 4 Bulan Pertama

kalkulator kehamilan dan perkembangan janin
sumber foto: sofeminine

Ketika wanita pertama kali mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, maka ia ingin memastikan apa yang diharapkan setiap minggu dalam kehamilannya menggunakan kalkulator kehamilan dan perkembangan janin. Minggu pertama kehamilan mulai dihitung dari hari pertama dari siklus menstruasi terkahir, meskipun saat ini bayi belum mengalami pembuahan. Akhir minggu kedua merupakan waktu dimana sel sperma memfertilisasi telur. Di minggu ke-3, sel akan mulai untuk terbagi dengan cepat, menciptakan blastokista yang akan tumbuh menjadi janin. Di minggu ke-4, wanita akan bisa mendeteksi bahwa dirinya sedang hamil.


Di minggu ke-5 janin akan mulai terbentuk, termasuk jantung dan plasenta. Otak dan bagian dalam teling mulai terbentuk di minggu ke-6. Di minggu ke-7 tali pusar, paru-paru, dan saluran pencernaan mulai terbentuk. Dengan ibu hamil menjalani akhir dari bulan kedua kehamilan di minggu ke-8, jari tangan, jari kaki dan mata bayi mulai terbentuk. Di minggu ke-9, bayi akan mulai memasukkan tulang belakangnya ke dalam badan dan membungkus organ-organ. Memasuki minggu ke-10, semua organ-organ vital sudah mulai terbentuk.

Dari minggu ke-11 hingga minggu ke-20, bayi akan tumbuh dalam kecepatan yang terus menanjak dan menurut kalkulator kehamilan ini merupakan salah satu minggu-minggu penting. Kondisi ini akan membuat ibu hamil mencari tahu apakah ia membutuhkan alat penunjang seperti bantal kehamilan untuk membantunya memberi makan ketika bayi telah dilahirkan. Di masa waktu ini, bayi juga akan membentuk pita suara. Di minggu ke-12, bayi akan mulai membentuk kuku jari dan ginjal. Memasuki minggu ke-13, bayi akan membentuk otot gerak yang cukup untuk mulai bergerak atau menyedot ibu jarinya. Minggu ke-14 ditandai dengan organ kelamin akan mulai dibentuk, untuk mengetahui jenis kelamin bayi bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG. Di minggu ke-15, bayi akan mulai membentuk kulit, alis dan telinga bersamaan dengan pembentukan otot dan pembuluh darah.

Di minggu ke-16, bayi akan mampu untuk menegakan kepala dan otot wajah akan terbentuk. Minggu ke-17, plasenta akan mulai tumbuh untuk mengakomodasi kebutuhan nutrisi yang terjadi pada bayi yang sedang tumbuh. Memasuki minggu ke-18, tulang-tulang di tengah telinga akan terbentuk, yang membantu bayi untuk bisa mendengar. Selama minggu ke-19 akan terjadi pembentukan lilin di kulit bayi yang akan melindunginya menjadi pecah-pecah dalam proses persalinan. Minggu ke-20, merupakan waktu untuk mulai memperhatikan bayi untuk menentukan apakah ia akan lahir dalam kondisi sehat atau tidak. Ibu hamil perlu menjadwalkan bertemu dokter kehamilan untuk memeriksa apakah ada komplikasi yang kemungkinan akan terjadi.

Kalkulator kehamilan dan perkembangan janin berlanjut ke awal minggu ke-21, dimana bayi akan mulai bertambah berat badan yang akan menentukan beratnya saat persalinan. Paru-paru dan saluran pencernaa akan mulai mempersiapkan perannya diluar dari rahim. Sekitar minggu ke-22, indra bayi akan cukup terbentuk untuk mengenal sebagian dari lingkungannya. Di minggu ke-23, otot bayi akan sudah cukup terbentuk yang membuat bayi untuk bisa bergerak seperti biasa dan tanpa tekanan. Di mingu ke 24, paru-paru bayi akan telah terbentuk hingga bayi bisa bernapas jika mereka dilahirkan dalam kondisi yang masih prematur.

Cari tahu informasi lengkap mengenai kalkulator kehamilan dan perkembangan janin di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment