Thursday, February 12, 2015

Diving Indonesia Raja Ampat di Cape Kri

diving indonesia raja ampat
sumber foto: xtremespots

Jika ada tempat yang bisa disebut sebagai surga bawah laut, maka salah satu cara dan tempat untuk mengetahuinya adalah dengan diving Indonesia Raja Ampat. Berada di ujung barat daya dari Pulau Papua Nugini, Indonesia, Raja Ampat merupakan kepulauan dengan lebih dari 1.500 pulau, terumbu karang dan gundukan pasir, yang terletak di segitiga karang dan dikelilingi oleh Samudera Pasifik yang megah. Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi di kepulauan ini adalah Cape Kri.


Merupakan mimpi dari semua penyelam untuk mengunjungi kepulauan terpencil ini, yang dianggap sebagai tempat tujuan liburan yang tidak nyata, apalagi tempat ini merupakan salah satu ekosistem perairan yang memiliki keanekaragaman hayati laut paling banyak di bumi. Iklim tropis yang lembab dan suhu laut, yang konsisten berada pada 29 derajat celsius, bersama dengan kekayaan plankton di ombak laut, menciptakan kondisi yang sempurna untuk kehidupan laut memekar dan berkembang di cara yang menakjubkan.
Cape Kri merupakan lereng dinding karang, berada dekat dengan Pulau Kri, yang dianggap sebagai lokasi diving Indonesia Raja Ampat yang paling terkenal. Dengan maksimum kedalam berada pada 40 meter, tempat ini memegang rekor dunia yang sudah dikenal luas berkat seorang biologis kehidupan laut bernama Dr. G. Aleen, dengan dalam sekali menyelam, ia menghitung bahwa di tempat ini terdapat 283 spesies ikan yang berbeda-beda.
Ketika seseorang menyelam ke bawah laut di Cape Kri, ia akan terpukau dengan banyak jumlah ikan dan karang yang luar biasa. Berbagai kumpulan ikan yang tidak ada habisnya seperti ikan tuna gigi anjing, jacks, giant trevally dan chevron barakuda yang berenang di sekitar para penyelam dan ketika menyelam lebih dalam, penyelam akan menemukan ikan wrasse napoleon dan ikan hiu ujung putih karang. Menambahkan ke kekragaman yang banyak dari taman karang keras dan halus yang berwarna-warni dan beragam formasi sehingga para penyelam akan mendapatkan tempat menyelam yang sempurna.
Cape Kri masuk ke dalam 10 tempat diving terkenal di dunia dimana menyelam di tempat ini merupakan sebuah pengalaman sekali seumur hidup yang wajib dikunjungi. Penyelam juga akan terkesima dengan kekayaan dan keragaman dari semua makhluk laut yang sulit untuk dipercaya apakah apa yang dilihat di kedalam laut ini merupakan hal yang nyata atau tidak. Penyelam diminta untuk tidak lupa membawa kamera bawah laut dan menyelam di kedalaman untuk sementara waktu karena ombak yang ada di permukaan cukup kuat.
Perlu diketahui bahwa kepulauan-kepulauan di tempat diving Indonesia Raja Ampat bisa dicapai hanya dengan menggunakan perahu. Wisatawan bisa menyewa perahu-perahu kecil dari dermaga Sorong yang akan membawa mereka ke tempat-tempat penginapan. Namun, cara alternatif lainnya yakni menyewa salah satu kapal pesiar indah, tinggal di dalam kapal tersebut, berlayar dan menyelam sekitar di tempat-tempat menyelam terbaik yang ada di daerah ini.

Cari tahu daerah menyelam yang lain selain diving Indonesia Raja Ampat di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment