Friday, February 13, 2015

Batu Dinding Kilo Tiga Menjadi Tempat Unggulan Untuk Panjat Tebing Indonesia

panjat tebing indonesia

Batu Dinding Kilo Tiga merupakan tebing alami yang menjulang tinggi sekitar 90 meter yang membuatnya sebagai tempat terbaik untuk panjat tebing Indonesia. Tempat ini umumnya dikenal sebagai surga untuk melakukan berbagai olahraga extreme. Selain bentuknya yang unik, tingkat kesullitan dari jalur panjat dinding yang dimilikinya termasuk sulit. Bahkan beberapa atlet panjat tebing nasional mengakui bahwa temapt ini sulit untuk ditaklukan dan menjadi salah satu tebing paling kuat di sulit di Indonesia.


Dengan bentuk dari tebing alami yang unik ini membuatnya terlihat berbeda jika dibandingkan dengan tebing lain. Batu Dinding merupakan sebutan warga lokal untuk tempat yang memiliki bentik bagaikan garis dari balok-balok namun dilapisi dalam posisi terbalik. Satu balok atas berada di balok yang ada di bawahnya, sehingga semakin tinggi susunannya, semakin menonjol, permukaan dari tebing. Keindahan alam dari tempat ini akan terlihat jika diperhatikan dari jarak jauh. Tetapi wisatawan akan merasa lebih terpukau jika melihatnya dari dekat dan melihat bagaimana balok-balok yang ada di tempat ini bisa disatukan dengan sempurna.

Untuk wisatawan yang ingin melakukan panjat tebing Indonesia, Batu Dinding akan memberikan sensasi yang akan mendorong adrenalin mereka. Pengalaman panjat tebing akan diperluas dan wisatawan juga akan diuji kemampuannya di tempat ini lapisan blok terbalik akan membuat wisatawan menggunakan banyak kemampuan otak dan tenaga. Di samping itu, ada rute-rute yang telah dibuat di tempat ini. Beberapa dari rute tersebut dianggap karena memiliki nama dan ciri khasnya.

- Rute Ofu, Ofu dalam bahasa lokal berarti lebah. Dinamakan sebagai rute ofu karena rute panjat ini akan melewati beberapa sarang lebah. Tentu saja sarang tersebut masih memiliki penghuni.
- Rute laba-laba merupakan rute yang cukup panjang, di mana rutenya banyak dan tidak berlanjut. Dinamakan sebagai rute laba-laba karena untuk menyelesaikan rute ini, pemanjat harus melompat dari satu garis ke garis lainnya.
- Rute anjing gantung merupakan rute dimana pemanjat harus menggantung dalam beberapa waktu.
- Rute berenang atau memanjat adalah rute yang dibatasi dengan aliran air di satu sisinya. Rute berenang atau memanjat ini melewati dan dilewati oleh aliran air yang berada di bawah tebing. Sehingga ketika jatuh di tengah-tengah panjatan, maka orang tersebut harus berenang.
- Rute teri, adalah jalur yang dinamakan seperti itu karena anggota dari pembuat rute ini hanya makan dengan ikan teri.
- Rute tragedi, merupakan rute yang berperan sebagai pengingat dari sebuah tragedi yang terjadi ketika rute ini sedang dibangun. Beberapa anggota tim hanyut oleh banjir sungai Ranoyapo yang berada dekat dengan lokasi tebing ini.
- Rute malaria juga merupakan rute pengingat karena ketika rute ini sedang dibuat, semua anggota tim terkena penyakit malaria. Di waktu yang sama, penyakit ini juga menyerang warga desa, rute panjat ini merupakan rute tersusah nomor 2.
- Rute ratapan merupakan rute paling susah dalam pajat tebing Indonesia di tempat ini. Dinamakan dengan nama rute ratapan karena ketika memanjat rute ini, kemampuan dari pemanjat akan benar-benar diuji. Stamina, pikiran dan kekuatan akan banyak dikeluarkan untuk menaklukan rute memanjat ini.

Temukan pilihan tempat lain dari panjat tebing Indonesia di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment