Wednesday, January 14, 2015

Hiking Indonesia Gunung Papandayan yang Untuk Pemula

hiking indonesia gunung papandayan
sumber foto: indonesiaexpat

Di ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut, hiking Indonesia Gunung Papandayan dikenal oleh banyak pendaki sebagai gunung untuk pendaki pemula. Namun hanya ada sangat sedikit gunung di Indonesia yang seperti gunung ini, menjajalkan mencapai puncak gunung yang memiliki pemandangan yang luar biasa dari padang rumput bunga edelweiss yang indah, hutan mati dan kawah sulfur yang mengepul uap. Pemandangan-pemandangan ini sudah sangat memuaskan pendaki pemula yang berhasil menaklukan gunung.

Kenyataanya, pengalaman dari mendaki komplek gunung stratovolcano yang berlokasi di daerah Garut, Jawa Barat, ini sering melewati harapan dari hampir semua pendaki, bahkan untuk para pendaki, yang awalnya, sedikit meremehkan gunung berapi yang masih aktif ini dan memutuskan untuk melakukan pendakian ke atas dengan santai. Para pendaki bisa melihat dan bermain di pancuran air hangat di sunga sulfur kecil kepunyaan Gunung Papandayang dalam perjalanan menuju puncak gunung.

Gunung ini dikenal oleh banyak orang berkat keindahan alam, keindahan dari kawah dan pemandangan menarik terbitnya matahari. Kondisi gunung ini juga kadang digunakan sebagai sumber pengetahuan untuk para murid sekolah yang ingin mempelajari gunung berapi. Selain murid sekolah, para peneliti yang membutuhkan data berhubungan dengan ilmu alam seperti ilmu pengetahuan kehutanan, geologi, vukanologi, geofisika dan lainnya. Hampir setiap bulan, khususnya di bulan April hingga November, wisatawan lokal dan asing beserta murid sekolah mengunjungi Gunung Papandayang dengan tujuan yang berbeda-beda. 

Gunung ini sendiri sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memudahkan wisatawan dan peneliti mengunjunginya. Ada area tempat menaruh mobil dengan ukuran seperti lapangan sepak bola, kamar mandi, Mushola, warung makanan dan beberapa pemandu yang sudah dilatih dengan baik dan kemampuan bahasa Inggris yang dianggap cukup sabar untuk membantu wisatawan memahami isi dari gunung dan kekayaan hutan dari Gunung Papandayan yang berada di Garut ini.

Beberapa paket perjalanan juga dijual oleh pemandu di gunung ini untuk membantu wisatawan mengungkap misteri dari gunung ini. Para pemandu ini juga akan membawa wisatawan ke lokasi-lokasi paling indah dari pulau terdekat dari Gunung Papandayan dan area di sekitarnya. Beberapa lokasi ini sudah biasa dikunjungi oleh para pendaki gunung, wisatawan dan peneliti. Tetapi untuk pendaki pemula, gunung ini dianggap sebagai gunung yang lengkap dari segi keindahan.

Untuk wisatawan lokal dan mancanegara, peneliti dan anggota hiking Indonesia Gunung Papandayan. Kawah Mas merupakan lokasi yang telah selalu menjadi tujuan utma mengunjungi sepanjang jalur gunung ini. Ketika dibandingkan dengan lokasi dari tempat wisata lain yang dimiliki gunung ini, Kawah Mas merupakan sebuah lokasi yang diciptakan dengan cara yang tidak biasa dan terlihat lebih canggih dan maju. Hal ini karena Kawah Mas merupakan lokasi pusat yang sangat penting dan memiliki sejarah dari letusan gunung ini. Di sini, pendaki bisa memantau aktivitas gunung berapi yang sedang berlangsung dalam waktu yang sesuai, di kawah ini terdapat 14 lubang yang mengeluarkan asap dengan warna yang berbeda-beda, beberaoa mata air sulfat yang juga terlihat diantara bebatuan dan tentu saja pendaki bisa melihat aktivitas kawah dari jarak dekat.

Kumpulan informasi pilihan mengenai hiking Indonesia Gunung Papandayan di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment