Thursday, October 23, 2014

Kesehatan Anak Bisa Ditingkatkan Dengan Video Game

sumber foto: pain
 
Sudah lama banyak orang menganggap bahwa video game memiliki efek buruk terhadap kesehatan anak khususnya otak mereka, yang dimana sering dihubungkan dengan nilai akademis yang rendah dan kurangnya perilaku empati di kalangan remaja. Namun baru-baru ini ada bukti bahwa hiburan ini bisa memiliki pengaruh yang baik untuk anak. Bukti ini ditemukan oleh para ahli mengenai kesehatan anak.

Ada kumpulan data yang menggunung bahwa video game yang didesain secara khusus, atau lebih dikenal dengan sebutan game serius, bisa meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku di masa muda. Khususnya, anak-anak yang memainkan permainan ini akan memiliki pengaruh positif dalam bagaimana anak-anak berpikir dan bertindak mengenai kesehatan mereka. Ini merupakan berita yang bagus karena sebanyak 97% dari anak muda Amerika Serikat bermain komputer, internet, permainan ponsel dan konsol serta 50% dari mereka memainkannya setiap hari.

Contoh game serius yakni Re-Mission, dibuat untuk membantu anak dan remaja yang memiliki kanker. Dalam permainannya, pemain mengendalikan sebuah nanobot dan mengarahkan melalui lingkungan 3D dari tubuh seorang pasien kanker yang masih muda, membunuh sel kanker dan melawan segala yang berhubungan dengan infeksi. Pasien yang bermain Re-Mission mendemonstrasikan pengetahuan lebih hebat mengenai pengobatan kanker mereka serta kepercayaan diri yang tinggi dalam menggunakan dan ketaatan nyata terhadap perintah-perintah tersebut.

Video game yang serupa, SPARX, diciptakan untuk memperbaiki gejala depresi pada anak muda, telah diperlihatkan kegunaanya. Dalam game fantasi 3D yang interaktif, pemain memilih seorang jagoan dan mengerakan dalam menghadapi kumpulan tantangan untuk mengembalikan keseimbangan dalam dunia fantasi yang didominasi oleh kumpulan pikiran negatif yang murung secara otomatis. Permainan ini didasarkan dari terapi perilaku kognitif, yang diketahui efektif dalam mengobati depresi.

Permainan yang seripa juga telah diciptakan untuk menggambarkan sebuah jangkauan kondisi medis pada anak dan remaja termasuk HIV/AIDS, asma, diabetes dan kanker. Salah satu gamenya adalah PlayForward: Elm City Stories, yang merupakan game iPad yang diciptakan untuk mengurangi resiko dan mencegah penyebaran HIV pada remaja muda.

PlayForward adalah sebuah dunia interaktif dimana pemain muda, menggunakan seorang jagoan yang telah mereka ciptakan, berkelana menjalani hidup, menghadapi tantangan dan membuat keputusan yang memberikan resiko dan keuntungan berbeda. Permainan ini bertujuan untuk bekerja dengan memberikan kemampuan pemain untuk melihat bagai mana pilihan mereka mempengaruhi kehdupan dan kemudian bisa mundur kebelakang dalam waktu untuk melihat perilaku berbeda bisa membawa hasil yang berbeda.

Pemain lalau bisa belajar kemampuan untuk menerjemahkan dalam kehidupan nyata, membekalkan mereka untuk menghindari situasi yang meningikatkan resiko untuk HIV dan kesehatan negatif lain yang muncul. Tetapi para ahli masih belum cukup tahu bagaimna untuk mendesain games yang pada akhirnya bisa bekerja. Penelitian dalam masalah ini masih jarang dan umumnya memiliki kualitias yang rendah. Serta masih pertanyaan yang masih belum dikeratahui jawaabannya. Contohnya, video game yang berhubungan dengan latihan yang tidak terlihat pengaruh terhadap tingkat dari aktifitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan anak.

Panduan kesehatan anak di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment