Friday, August 15, 2014

10 Tips Kesehatan Anak Memilih Mainan yang Aman dan Ramah Lingkungan


Orang tua biasanya hati-hati dalam menghindari bahaya tersedak dan masalah keamanan umum lainnya yang berhubungan dengan mainan anak. Tetapi apakah sudah diketahui bahwa ada variasi luas dari kimia sinteisi dan logam berat yang mungkin ada di dalam mainan tersebut yang membahayakan kesehatan anak? Dari timbal dan kadmium di dalam cat, plastik dan perhiasan hingga xilena, toluena dan ftalat di permainan kosmetik, sehingga bisa dibilang bahwa kotak mainan adalah ranjau beracun.


Dibawah ini adalah 10 tips sebagai cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengembalikan kesenangan dan mengurangi kekhawatiran ketika saatnya waktu bermain anak. Cara-cara ini juga bisa membuat kotak mainan menjadi lebih sehat untuk anak dan lingkungan.

1. Pilih yang alami. Cari mainan yang aman yang terbuat dari bahan alami seperti kayu kuat (yang tidak dinamatkan atau tidak menggunakan kimia saat diselesaikan) dan tekstil organik seperti kapas, wol, bulu, dan sebagainya.

2. Sederhanakan. Membeli mainan dengan jumlah lebih sedikit akan banyak mendukung penghijauan. Tidak hanya baik untuk lingkungan tetapi baik juga untuk dompet orang tua.

3. Digunakan ulang. Ada sesuatu yang sudah selesai digunakan diubah menjadi mainan. Seperti kotak yang kosong atau set mangkuk baja stainless bisa menjadi bahan bermain yang menyenangkan untuk beberapa jam.

4. Cari mainan yang bisa bertahan lama. Mainan berkualitas tinggi mungkin memiliki harga yang lebih tinggi tetapi mainan tersebut akan bertaha dalam jangka waktu yang lebih lama dan bisa diturunkan ke anak selanjutnya atau saudara. Hal lainnya, orang tua bisa mendapatkan uang jika memutuskan mainan tersebut untuk dijual.

5. Membaca label. Perhatikan dari bahan apa mainan tersebut dibuat, dari mana asalnya mainan tersebut. Sebaiknya mengenali mainan terlebih dahulu sebelum membelinya.

6. Mencari mainan lokal. Mengurangi emisi gas rumah kaca dengan membelu mainan lokal dan ramah lingkungan. Jika mencari produk internasional, cari mainan yang berasal dari negara Eropa, Kanada, atau Jepang. Kebanyakan negara lain mungkin memiliki peraturan mainan yang lemah.

7. Memilih mainan yang tidak terbatas. Mencari mainan yang bisa memacu kreativitas dan kemampuan untuk digunakan dalam berbagai tipe bermain. Blok kayu, syal berwarna, dan batu halus hingga bahkan kotak kardus bisa menjadi mainan yang menyenangkan dan aman yang bisa menjadi fondasi dari petualangan kreatif yang tidak terhitung banyaknya.

8. Hindari perhiasan dan kosmetik anak yang murah. Kedua tipe produk mainan ini memiliki resiko yang tinggi. Mainan yang murah biasanya memiliki kadar timbal yang tinggi sedangkan kosmetik anak bisa memiliki berbagai jumlah bahan kimia yang dipertanyakan.

9. Plastik pembersihan. Ini merupakan tanda yang biasanya berada pada bagian bawah dari mainan plastik. Jika membeli mainan plastik pastikan angka yang berada diantara tanda pandah melingkar adalah 1, 2, 4, atau 5. Jika tidak ditemukan maka segera hubungi pabrik mainan tersebut.

10. Bersenang-senang. Kegiatan bermain bisa menjadi kesehatan anak tersendiri. Kegiatan ini tidak semata mengenai apa yang dipunya melainkan apa yang bisa dilakukan. Ikut serta bermain dengan anak, tertawa dan menikmati waktu bersama anak bisa memperkuat hubungan dengan anak.

Pengetahuan kesehatan anak di Aswirman.com.