Monday, August 18, 2014

Tips DBS Smart Money Dalam Memotivasi Tujuan Keuangan

tips dbs smart money


Dalam membenahi keuangan, tidak hanya pengeluaran saja yang menjadi pusat perhatian. Pemasukan atau pendapatan juga perlu diberi perhatian yang tidak kalah banyak. Karena jika bisa melihat peluang mendapatkan pemasukan tambahan maka keuangan akan semakin sehat dan tidak akan terlalu membani pengeluaran. Untuk itu, dalam memperbaiki pendapatan simaklah beberapa tips DBS Smart Money mengenai motivasi dan mendapatkan pendapatan yang sesuai di bawah ini:


1. Buat papan rancangan visi keuangan. Hal ini perlu dilakukan karena kita perlu motivasi untuk mulai beradaptasi dengan lebih baik terhadap perilaku keuangan dan jika kita merancang papan visi, ini bisa membantu mengingatkan kita untuk tetap berada dalam jalur dengan tujuan keuangan.

2. Atur tujuan keuangan yang spesifik. Tidak hanya menggunakan kata-kata, gunakan juga angka dan tanggal untuk menjelaskan apa yang ingin diraih dengan uang yang didapat. Berapa banyak hutang yang harus dibayar dan kapan waktunya? Berapa banyak uang yang akan ditabung dan dari tanggal berapa? Ini merupakan contoh dari metode yang mampu membuat seorang pasangan berhasil membayar hutangnya sebesar 40.000 dolar.

3. Menggunakan mantra pengeluaran. Pilih kalimat motivasi yang bisa berperan sebagai pertimbangan jika kita ingin melakukan pembelian. Contohnya, sebelum membeli sesuatu tanyakan pada diri sendiri, "Apakah barang ini lebih baik dari rencana ke Bali tahun depan?", atau "Hanya akan membeli barang yang harganya kurang dari Rp.300.000".

4. Cintailah diri sendiri. Mungkin tips ini terdengar biasa tetapi ini bisa menjadi cara ampuh. Seorang penulis mengaku bahwa ia berhasil membayar hutang yang sekitar Rp.22.500.000 setelah ia menyadari bahwa mengambil kendali dari keuangannya merupakan cara untuk menghargai diri sendiri.

5. Buat tujuan uang yang kecil. Satu penelitian menemukan bahwa semakin jauh tujuan keuangan, dan kurang meyakinkan akan terjadi, akan semakin besar juga kemungkinannya untuk kita menyerah. Sebagai tambahan dalam berkonsentrasi dengan tujuan besar (seperti membeli rumah), juga punya tujuan yang lebih kecil, tujuan jangka pendek dalam proses meraih tujuan besar akan semakin cepat untuk meraih tujuan besar, caranya dengan menabung sebagian uang setiap minggu dalam tujuan untuk liburan dalam waktu 6 bulan mendatang.

6. Menghapus pikiran pengeluaran yang meracuni. Jika kita meragukan diri kita sendiri sebelum memulai sebuah tujuan (seperti "hutang ini tidak akan terlunasi") maka kita mengatur diri sendiri untuk gagal dalam mencapai tujuan. Jangan jadi sesorang yang suka gagal dan ubah menjadi seseorang yang memiliki mantra positif yang lebih.

7. Meraih keuangan dan tubuh yang ideal. Sebuah penelitian menampilkan bahwa lebih banyak latihan maka bisa membuat seseorang mendapatkan gaji yang lebih besar karena kita cenderung untuk menjadi lebih produktif setelah kita bekerja dengan keras. Jadi melakukan lari pagi mungkin mambantu menaikkan kemampuan keuangan. Ditambah, semua kebiasaan dan disiplin yang berhubungan dengan, seperti hal lari maraton, bisa juga dihubungkan dengan mengatur uang dengan baik.

8. Belajar untuk menikmati. Menikmati berarti mengapresiasi apa yang dimiliki, dibandingkan mencoba untuk menjadi senang dengan membeli beberapa barang.

9. Dapatkan teman keuangan. Menurut sebuah penelitian, teman yang memiliki karakter yang serupa bisa mengambil kebiasaan baik satu sama lain dan ini berlaku juga untuk uang. Jadi, maksud dari tips DBS Smart Money ini adalah coba mengumpulkan beberapa teman untuk pertemuan makan siang, yang diselingi oleh diskusi dan cerita dalam mengatur kuangan. Seorang wanita berhasil menggunakan cara ini untuk membayar hutangnya yang besarnya sekitar Rp.36.500.000.

Permulaan tips DBS Smart Money di Aswirman.

No comments:

Post a Comment