Tuesday, April 21, 2015

Berita Teknologi Terbaru 2015 Tentang Pengguna WhatsApp Sudah Mencapai 800 Juta

berita teknologi terbaru 2015
sumber foto: huffingtonpost

Dalam berita teknologi terbaru 2015 disebutkan bahwa WhatsApp berhasil mempertahankan posisinya sebagai aplikasi pesan singkat paling populer, dengan memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulannya. Sebagai aplikasi pesan singkat terpopuler, WhatsApp sudah dalam beberapa tahun belakangan mampu mempertahankan posisinya dan tidak menunjukkan adannya tanda-tanda bahwa ketenaran aplikasi ini akan memudar. 


Melalui pesan di Facebook hari Jum'at lalu, Direktur WhatsApp, Jan Koum, mengumumkan bahwa layanan aplikasi pesan singkat yang kini dimiliki oleh Facebook ini memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulannya. Aplikasi pesan singkat membuat penggunanya bisa mengirimkan pesan teks ke pengguna aplikasi ini lainnya secara gratis. Aplikasi ini lalu akan mengirimkan pesat tersebut lewat internet, tanpa menggunakan pulsa dari provider smartphone yang digunakan. Aplikasi ini tersedia hampir diseluruh opersi sistem smartphone seperti iOs, Android, Windowws Phone dan Blackberry.

Belum lama ini, WhatsApp meluncurkan fitur baru yang membuat penggunannya bisa menelepon secara gratis ke teman yang menggunakan aplikasi ini juga. Kehadiran fitur ini membuat aplikasi lain seperti Skype dan Viber bisa terkena efek berkurangnya pengguna yang beralih untuk menggunakan WhatsApp yang memiliki banyak fitur dan pengguna. Aplikasi layanan pesan singkat ini diakuisisi oleh Facebook dengan nilai kontrak sebesar 19 miliar dolar pada bulan Oktober lalu. 

Sudah terlihat pertumbuhan pengguna yang konsisten dalam beberapa bulan terakhir. Jumlah pengguna aktif per bulan 800 juta ini naik dibandingkan dengan bulan Januari lalu yang masih sebesar 700 juta dan 600 juta pengguna aktif per bulan di bulan Agustus tahun lalu. Angka jumlah pengguna aktif ini membuat WhatsApp sebagai salah satu aplikasi sosial paling besar saat ini. Pada bulan Februari lalu, diketahui bahwa Twitter memiliki jumlah penggunannya yang aktif mencapai 288 juta per bulan,  Di bulan Desember lalu, aplikasi berbagi foto, Instagram, yang juga sudah diakuisisi oleh Facebook ini melaporkan bahwa ada 300 juta penggunanya per bulan. Sedangkan Facebook masih memimpin sebagai lanyanan jejaring sosial paling populer dengan rata-raa 1.39 miliar pengguna aktif setiap bulannnya.

WhatsApp memiliki jumlah pengguna dibandingkan dengan aplikasi yang memiliki fungsi serupa, termasuk Facebook Messenger, dan aplikasi ini telah menjadi sebuah alternatif untuk pesan singkat, atau SMS, untuk banyak orang di dunia. Facebook membutuhkan waktu sekitar 8 tahun untuk mendapatkan jumlah pengguna aktif per bulannya sebesar 1 miliar pengguna. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kini pengguna aktif per bulan Facebook berada di angka 1.4 miliar pengguna, sedangkan aplikasi Messengernya memiliki sekitar 600 juta pengguna.

Pendiri sekaligus Direktur Facebook, Mark Zuckerberg, sebelumnya mengatakan bahwa ia berharap bahwa WhatsApp bisa memiliki kontribusi terhadap bagian dasar dari perusahaannya, tetapi tidak sampai aplikasi ini mencapai sekitar 1 miliar pengguna. Pada bulan Januari lalu, ia mengungkapkan bahwa ia berharap WhatsApp bisa menjadi kontributor penting dalam bisnis yang dijalankan Facebook. Mark mengatakan bahwa apa yang ingin katakan mengenai aplikasi pesan bahwa perusahannya masih berada di siklus awal. Saat ini ia dan WhatsApp berada dimana Facebook di sekitar tahun 2006 atau 2007, dimana pada saat itu, Facebook merupakan produk yang dipersembahkan untuk pelanggan. Dengan tidak adanya bisnis di lingkungannya.

Dapatkan berbagai berita teknologi terbaru 2015 di BedahTekno.com.

No comments:

Post a Comment