Tuesday, December 23, 2014

Olahraga Extreme Indonesia: Scuba Diving di Gorontalo

olahraga extreme indonesia

sumber foto: miguelsdiving

Ada beberapa tempat untuk melakukan olahraga extreme Indonesia yakni menyelam atau diving yang luar biasa dan lokasi untuk olahraga extreme di Gorontalo merupakan salah satunya. Gorontalo yang merupakan provinsi di Indonesia di bagian utara dari Pulau Sulawesi, berada di pantai utara dari Teluk Tomini yang besar. Bersama dengan garis pantai, menjulang tebing kapur yang menyelam langsung ke dalam air dari teluk membuat tempat ini memiliki beberapa tempat menyelam yang spektakuler.


Perairan khatulistiwa di Gorontalo telah dinamakan sebagai rahasia Indonesia yang disembunyikan dengan baik. Tebing yang di tempat ini merupakan karang kuno dan wisatawan bisa melihat dengan jelas pola dari pertumbuhan karang di bebatuan. Rak karang yang sempit dan dangkal melingkari garis pantai sehingga kadang hanya memiliki beberapa meter kelebaran, memiliki kedalaman beberapa meter dari permukaan dimana tembok mulai berdiri. Kebanyakan tempat olahraga extreme menyelam di sini terdiri dari tembok menyelam. Tempat-tempat lainnya termasuk puncak menyelam ganda, teluk pasir dan 2 bangkai kapal.

Tembok kapur telah banyak terkikis oleh kekuatan alami yang menciptakan formasi bawah laut yang kompleks berisi penuh lubang, celah-celah, retakan, dan gua-gua. Tembok pertama memiliki kedalaman yang berada di dalam jangkauan 30 hingga 40 meter, yang diikuti dengan penurunan vertikal lain. Air lalu jatuh dari ketinggian 120 meter sebelum terjun kembali. Tempat ini bisa dibilang merupakan area yang luar biasa. Wisatawan bisa menemukan air dangkal hingga laut dalam yang fenomenal ketika mendekati bebebrapa tempat menyelam.

Di beberapa tempat kedalamannya ada yang mencapai ratusan meter. Karena kedalaman extreme yang dimiliki dekat dengan garis pantai, wisatawan memiliki kemungkinan besar untuk melihat ikan hiu paus, ikan paus, dan kerumunan lumba-lumba Risso, jenis lumba-lumba yang lebih besar yang biasa dilihat manusia. Motivasi melakukan olahraga extreme Indonesia menyelam di Gorontalo membuat wisatawan bisa menemukan berbagai bunga karang di tebing termasuk yang bunga karang tali biru yang menggantung, bunga karang vas beras, bunga karang barel dan bunga karang trumpet.

Gorontalo juga memiliki bunga karang tersendiri yang unik, sebuah bunga karang besar yang dikenal dengan nama Salvador Dali karena permukaan ukurannya yang rumit. Keindahan serupa juga ditemukan di tebing vertikal lainnya di Indonesia, tetapi tanpa permukaan berputar-putar yang fantastis seperti yang dimiliki seperti di Gorontalo. Anehnya, melakukan olahraga extreme menyelam hanya bisa dilakukan selama musim hujan dari bulan November hingga April, ketika angin barat menciptakan kondisi tenang di sisi tersebut dari Teluk Tomini.

Untuk bisa melakukan olahraga extreme Indonesia scuba diving atau menyelam, perjalanan bisa menggunakan penerbiangan biasa yang kini sudah menjangkau Gorontalo. Penerbangan harian telah tersedia dari Jakarta ke Gorontalo via Makassar di Ujung Pandang dan sudah ada penerbangan ke Gorontalo dari kota-kota besar di Indonesia seperti dari Jakarta, Denpasar di Bali, Surabaya dan Makassar melalui Ujung Pandang.

Simak gambaran keindahan melakukan scuba diving di Gorontalo lewat video di bawah ini:

 
 
Temukan berbagai jenis olahraga extreme Indonesia di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment