Thursday, November 6, 2014

Merasakan Adventure Indonesia di Karang Pegadung

adventure indonesia
 sumber foto: theamazingindonesia
Salah satu tempat menarik di daerah Tanggamus di Lampung, selain Pantai Laguna dan Teluk Kulian adalah Karang Pegadung. Banyak wisatawan asing yang menyamakan keindahan dari Karang Pegadung dengan Pulau Phi Phi yang terkenal dari Thailan. Bahkan tidak sedikit juga turis asing yang menyebutkan kalau Karang Pegadung lebih indah dari Pulau Phi Phi. Oleh karena itu, tidak heran kalau tempat ini dipilih sebagai lokasi adventure Indonesia yang menantang.

Yang membuat Karang Pegadung berbeda adalah karena lokasinya yang tersembunyi dan belum terurus dengan baik. Infrastruktirnya belum diakomodasi dengan baik, sehingga perjalanan menuju tempat ini masih sangat berbahaya untuk siapapun yang belum mahir dalam mengendarakan sepeda motor karena medannya yang penuh tantangan. Tetapi wisatawan bisa meminta warga lokal untuk diantarkan ke tempat ini karena sebagian besar dari mereka sudah ahli dan terbiasa melalui jalan tersebut.

Perjalanan yang dengan tingkat berpetualang ekstrim ini dipenuhi dengan batu-batuan, kerikil, pasir dan bahkan lumpur. Perjalanan sejauh 25 kilometer ini melalui lembah yang naik dan turun. Sudah direkomendasikan untuk mengunjungi lokasi ini pada musim panas, karena pada musim dingin perjalanan akan menjadi lebih berbahaya lagi. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan pegunungan, laut, sawah padi dan sungai-sungai.

Tetapi ketika sampai di Karang Pegadung, semua kelelahan akibat jalan yang berliku-liku dan tidak rata hilang. Karena pemandangan dari tempat ini di luar dugaan karena saking menakjubkannya. Kadang ada turis yang bisa langsung menangkap ikan dan landak laut lalu mereka langsung membakarnya di pinggir pantai, aktivitas yang dilakukan di lokasi indah. Tidak akan cukup dengan memandai keindahan yang diberikan oleh empat ini. Sampai-sampai banyak wisatawan yang sulit untuk menggambarkan keindahannya.

Karang Pegadung dikenal dengan julukan Batu Layar dan Gigi Hiu, karena bentuk dari gugugusan batu atau karangnya menyerupai gigi hiu. Banyak fotografer yang berjalan mendekati gugusan gigi hiu ini untuk menangkap keindahan dari tempat ini. Bahkan, tempat ini pernah mengadakan kegiatan bernama Camping Art di tahun 2011 yang digelar oleh Daerah Kesenian Lampung dan Komunitas Seniman Lampung. Puluhan seniman-seniman handal berpartisipasi dalam acara ini.

Untuk bisa mencapai Karang Pagadung yang berlokasi di daerah Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Butuh perjalanan sekitar 2-3 jam dari Bandar Lampung ke Teluk Kiluan. Dari sini, perjalanan akan dilanjutkan dengan menaiki sepeda motor selama 1 jam. Tips-tips perjalanan ke tempat yang bagus untuk adventure Indonesia ini antara lain membawa kamera dan aksesorisnya, tas kering adalah sesuatu yang harus dilakukan, memakai sandal/sepatu gunung, jika ingin snorkeling jangan lupa membawa perlengkapannya, siapkan obat-obatan, topi, dan perlengkapan lainnya untuk melindungi diri dari sengatan matahari di siang hari.

Informasi tempat adventure Indonesia di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment