Wednesday, September 24, 2014

Manfaat Dari Senam Ibu Hamil

senam ibu hamil


Kondisi sehat dan bugar selama kehamilan sudah pasti menjadi sesuatu yang diinginkan oleh ibu hamil. Namun, kadang kala ibu hamil memiliki kecenderungan menjadi memanjakan sifat malasnya karena ia merasa lemah, pusing, atau mual. Bahkan, kegiatan bermalas-malasan bisa membuat tubuh merasa tidak bugar. Untuk alasan itu, ibu hamil sering disarankan untuk mengatur pola keseimbangan dalam melakukan senam ibu hamil.


Senam merupakan kegiatan yang penting bagi ibu hamil. Manfaat dari senam ini adalah akan menjadi dukukungan dan memfasilitasi persalinan. Dengan melakukan senam secara rutin mengubah kondisi tubuh ibu hamil menjadi bugar. Senam untuk kehamilan merupakan olahraga yang berbeda jika dilakukan ketika sedang tidak hamil. Jenis-jenis gerakan bisa diatur sehingga bisa menghindari mengalami cedera.

Gerakan lambar menjadi hal yang biasa, tersedia juga senam khusus untuk ibu hamil yang bisa menjadi pilihan. Jika masih mengalami masalah, ibu hamil bisa bergabung dengan senam khusus ibu hamil, sehingga ibu hamil akan bertemu dengan ibu hamil lainnya, yang membuat mereka bisa bertukar pengalaman ketika mengandung. Senam ibu hamil biasanya mulai dilakukan pada trimester ketiga kehamilan, yang merupakan usia sekitar 28-30 minggu dari kehamilan.

Pernapasan merupakan hal yang bagus dan perlu untuk menghadapi persalinan, karena proses ini membutuhkan banyak oksigen ketika persalinan untuk mendapatkan sirkulasi yang benar. Latihan pernapasan bisa dilakukan melalui latihan gerakan kehamilan. Untuk bisa dengan mudah melalui proses persalinan, otot butuh dorongan dan juga hal-hal lainnya.  Otot yang bagaikan tembok untuk proses persalinan antara lain otot pantat, otot vagina, otot pinggul dan lainnya.

Senam ibu hamil bisa membantu menguatkan dan menjaga elstisitas dari otot dan juga menghindari kendur di perut bagian bawah dan gangguan dari wasir. Persalinan sudah menjadi situasi yang sangat membuat stres, ketika waktunya sudah tiba, senam ibu hamil bisa membantu membuat latihan kontraksi dan relaksasi menjadi dibutuhkan untuk mengalahkan ketegangan dan kesakitan selama persalinan. Senam ibu hamil juga bisa melatih postur tubuh ibu hamil selama kehamilan yang juga bisa mengurangi datangnya masalah dan mengganggu aktivitas karena perubahan yang terjadi pada bentuk tubuh.

Senam ibu hamil tidak seharus dilakukan di gym, rumah sakit bersalin atau tempat khusus untuk senam, karena ibu hamil bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan video atau buku panduan senam yang kini sudah sangat mudah untuk ditemukan di toko buku. Yang perlu diingat, untuk melakukan senam ibu hamil, adalah ibu hamil perlu menyiapkan berbagai hal seperti pakaian senam, perlengkapan seperti alas/matras, pemutar musik, bantal, dan sebagainya. Menyiapkan diri sendiri untuk bersantai, setelah persiapan selesai, ibu hamil bisa melakukan gerakan senam di rumah secara rutin.

Temukan informasi senam ibu hamil di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment