Friday, September 5, 2014

Dengan Cara Memijat Bayi yang Tepat Bisa Mendekatkan Ayah Dengan Bayinya

cara memijat bayi

Memijat yang biasa bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu ayah dan bayinya merasa lebih dekat. Ayah juga bisa menjadikan memijat sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur bayi. Ayah yang menguasai cara memijat bayi cenderung memiliki kedekatan yang lebih dengan sang buah hati. Ayah-ayah seperti ini sering melibatkan dirinya dalam merawat bayi dalam sehari-hari seperti memandikan dan dan bermain-main ketika bayi dalam keadaan berbaring.

Memijat memiliki manfaat untuk keduanya, ayah dan bayi. Bayi yang mendapatkan pijatan dari ayahnya akan merasa lebih dekat. Jika bayi menikmati sentuhan fisik yang dekat dengan ayahnya, mereka akan menjadi lebih gembira ketika mereka melihat sang ayah. Bayi akan cenderung untuk memberikan senyuman, menjangkau tangannya, dan bahkan memanggil ayah lebih sering dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan pijatan dari ayahnya.

Jika ada ayah yang merasa keberatan untuk mencoba memberikan pijatan untuk bayinya, ini mungkin dikarenakan ia tidak pernah berpikir bahwa ia akan melakukan tugas seperti ini ketika ia menjadi ayah. Ayah seperti ini akan membutuhkan waktu untuk memahami ide memberikan pijatan untuk si bayi. Tanyakan kepada petugas kesehatan, apakah ada kelas memijat bayi di tempat terdekat. Karena kemungkinan ada kelas memijat yang diperuntukan hanya untuk ayah.

Bersamaan dengan belajar menguasai kemampuan baru, kelompok memijat bayi untuk ayah bisa menjadi kesempatan untuk para ayah bertemu satu sama lain dan bayi mereka. Ini merupakan manfaat tambahan untuk para laki-laki yang memiliki perasaan asing dengan peran barunya sebagai ayah. Jika tidak adanya kelompok memijat untuk ayah, mungkin sang ibu bisa meminta kepada petugas kesehatan untuk memperlihatkan bagaimana cara memijat bayi untuk dilakukan di rumah. Atau bisa dengan melihat video cara memijat bayi di internet.

Ketika mau dijalankan, memijat bayi perlu ditekuni oleh ayah. Karena menurut sebuah penilitian yang membandingkan pengalaman ayah yang memiliki bayi berumur 4 minggu yang diberikan latihan singkat cara memijat bayi dengan ayah yang tidak diajarkan. Hasilnya ayah yang belajar teknik memijat terlihat lebih terlibat dengan bayinya selama 2 bulan dan lebih dibandingkan ayah lain yang tidak memberikan pijatan. Jadi bisa disimpulkan bahwa memijat bisa menjadi penambah percaya diri untuk sang ayah dan juga bayi,

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa memijat bayi bisa mengurangi tingkat stress ayah dan membantu mereka menjadi lebih siap dari perubahan yang terjadi dari bayi yang sedang tumbuh pesat. Alasan lain mengapa memijat bisa mengurangi tingkat stres ayah, karena dengan memijat bisa membantu bayi untuk tidur. Pijatan lembut yang diberikan sebelum waktu tidur bayi setiap malam sangat dianjurkan untuk dicoba. Sebelum menerapkan cara memijat bayi sebelum tidur, sebaiknya meredupkan lampu dan memastikan ruangan memiliki nuansa yang nyaman dan hangat.

Tambahan cara memijat bayi di Aswirman.

No comments:

Post a Comment