Monday, February 23, 2015

Langkah-Langkah Berolahraga Kehamilan Akhir Selain Senam Ibu Hamil 9 Bulan

senam ibu hamil 9 bulan
sumber foto: youtube

Selama bulan terakhir kehamilan, kebanyakan senam ibu hamil 9 bulan yang dilakukan adalah peregangan yang dilakukan di dalam rumah. Pada saat ini, tubuh ibu hamil telah banyak berubah dan kemungkinan ibu hamil sulit untuk mengingat apa rasanya bisa memiliki kemampuan untuk bergerak secara normal. Tetapi, jika dokter kandungan mengizinkan, ibu hamil bisa terus dan harus berolahraga. Olahraga dengan cara senam bisa membantu mengurangi nyeri dan sakit, meningkatkan kualitas tidur, membangkitkan mood, dan bahkan mungkin bisa membantu mencegah komplikasi seperti preeklampsia atau diabetes kehamilan. Namun, selama bulan terakhir kehamilan ini ibu hamil akan tentu saja butuh untuk membuat pengaturan tertentu dengan rutinitas biasa.


Langkah 1


Pilihlah jenis senam yang memiliki pengaruh yang rendah. Selama trimester kedua dan ketiga kehamilan, tubuh mengeluarkan hormon yang bernama 'relaxin' yang melenturkan ligamen dan sendi-sendi dalam persiapan menjelang persalinan. Dengan ligamen yang lebih lembut mendukung kelahiran bayi, ini membuat ibu hamil memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami cedera atau jatih ketika sedang melakukan senam. Untuk bulan terakhir kehamilan, pilihlah olahraga yang ringan seperti berenang atau berjalan, yang tidak akan membuat ibu hamil memberikan stress kepada bagian persendian tubuhnya. Jenis olahraga lainnya untuk usia kehamilan 9 bulan termasuk, yoga kehamilan, gerakan jongkok, peregangan dan memiringkan pinggul.

Langkah 2


Minum air dalam jumlah yang banyak. Ketika ibu hamil berolahraga, ia memiliki resiko lebih besar untuk merasa dehidrasi. Hal ini merupakan sesuatu yang berbahaya karena dehidrasi bisa menyebabkan kelahiran prematur. Meskipun hal ini tidak merupakan sebuah masalah yang serius di bulan ke-9 dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, tetapi merupakan hal yang lebih baik untuk menghindari terjadinya kelahiran prematur. Minum 2 gelas air putih satu jam sebelum memulai rutinitas olahraga. Minum 1 gelas ketika berada di pertengahan, dan 1 gelas air putih lagi ketika sudah selesai. Ibu hamil harus menghindari berolahraga di luar ruangan karena udara panas, cuaca lembab bahkan ketika ibu bergerak dengan sangat lambat, hal ini juga bisa menyebabkan ibu hamil menderita.

Langkah 3


Lakukan senam kegel. Dalam kehamilan 9 bulan, bayi berada dalam tekanan yang besari di dasar panggul, yang bisa melemahkannya dan bisa menyebabkan beragam masalah seperti kebocoran urin dan prolaps organ panggul. Olahraga kegel bisa membantu untuk menjaga dasar panggul tetap kuat. Untuk melakukan senam kegel, dengan mengencangkan otot dasar panggul seperti bagaikan ibu hamil menghentikan arus urin, tahan posisi selama 5 detik dan lepaskan nafasnya. Lakukan gerakan ini selama 10 kali dan lakukan olahraga ini 3 kali sehari.

Langkah 4


Mendengarkan tubuh. Jika ibu hamil merasa lelah atau merasa tidak bisa berolahraga dalam kecepatan yang dipetahankan di bulan-bulan awal kehamilan, ikuti sinyal tubuh dan bersantai. Berolahraga ketika merasa lelah bisa membuat ibu hamil merasa pusing atau lengah, yang bisa menyebabkan ibu hamil terjatuh dan melukai dirinya. Sebagai tambahan, jika ibu hamil merasa keram, rasa sakit yang tajam terasa di punggung atau panggul, ataucairan yang bocor dari kemaluan wanita, ibu hamil bisa menghentikan berolahraga secepatnya. Jika gejala-gejala ini tidak berhenti dalam beberapa berapa detik, maka ibu hamil perlu menelepon dokter kandungan karena ini bisa menjadi tanda awal persalinan.

Informasi lainnya mengenai senam ibu hamil 9 bulan di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment