Monday, September 15, 2014

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Minyak Telon

minyak telon

Minyak telon bisa disebut sebagai krim untuk bayi yang mudah menyerap di kulit bayi tetapi tidak berminyak. Minyak ini mengandung beberapa herbal alami seperti minyak kayu putih, minyak adas, minyak kelapa, minyak zaitun dan formula anti nyamuk. Manfaat dari minyak telon adalah memberikan kehangatan pada tubuh bayi. Kehangatan didapat dari minyak adas dan minyak kayu putih mampu mengurangi demam dan perut kembung.


Terhidar dari gigitan nyamuk juga merupakan manfaat dari minyak ini. Minyak zaitun mampu memberikan kelembaban dan menyembuhan iritasi pada kulit bayi. Minyak telon juga mengandung minyak alami dan efek aromaterapi, yang cocok digunakan untuk mengusap bayi. Cara menggunakan minyak ini adalah dengan memijat dengan perlahan pada perut, pinggang, dada, lengan dan kaki bayi sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak tanpa adanya gangguan dari gigitan nyamuk.

Minyak telon sudah secara tradisional digunakan oleh keluarga Indonesia dari generasi ke generasi, ibu keluarga Indonesia biasa menggunakannya dengan mengoleskan minyak ini untuk mengusap pada dada, perut, pinggang dan telapak kaki, karena dapat memberikan kehangatan ketika dioleskan ke kulit bayi. Minyak ini biasanya diberikan ke bayi setelah mandi pagi dan juga malam hari.
 
Bayi membutuhkan minyak yang berguna ini dikarekanan sistem suhu tubuhnya masih diatir dan tidak sesempurna seperti orang dewasa. Dalam suhu cuaca yang dingin, tubuh bayi tidak bisa mendapatkan tenaga yang cukup dari pembakaran lemak di dalam tubuhnya, yang membuat bayi mudah terserang demam. Dengan mengoleskan minyak bayi ini kepada tubuhnya akan membantu melindungi bayi terserang demam.
 
Minyak ini juga efektif digunakan untuk menyembuhkan perut kembung, memijat bayi, dan juga telah ditambahakan kandungan yang bisa mencegah adanya gangguan dari serangga. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang tua yang memberikan pijatan kepada bayinya akan menciptakan ikatan emosi yang lebih kuat antara bayi dan orang tua. Ikatan yang kuat ini merupakan bentuk kasih sayang antara orang tua dan bayinya yang akan membantu sang buah hati untuk tumbuh lebih sehat.
 
Bahan alami yang digunakan dalam menciptakan minyak telon adalah untuk membuat bayi merasa hangay dan juga menyembuhkan masalah-masalah bayi. Beberapa masalah yang baisa mengganggu bayi seperti perut kembung atau merasa kedinginan. Minyak ini juga bisa menyembuhkan bayi dari gigitan nyamuk. Minyak telon dibuat menggunakan aroma yang menenangkan yang nyaman ketika minyak ini dioleskan ke bayi. Cara penggunaanya adalah dengan 5 hingga 10 tetesan minyak telon lalu diusapkan ke bagian-bagian yang telah disebutkan di atas. Minyak ini biasa digunakan kapan saja, khususnya setalah mandi, ketika ingin bepergian, atau ketika bayi mau tidur.

Pengetahuan tentang minyak telon di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment