Thursday, September 11, 2014

8 Mitos Kehamilan dan Kebenarannya

mitos kehamilan

Setiap calon ibu pasti akan lebih berhati-hati terhadap kesehatan calon anaknya tersebut. Memang ada beberapa hal nyata yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan seperti harus mengkonsumsi vitamin kehamilan dan tidak boleh meminum minuman beralkohol. Mitos kehamilan dan dongeng wanita tua bisa beragam tergantung dari negara masing-masing. Banyak calon ibu yang masih belum mengetahui kebenaran dari mitos kehamilan tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui kebenarannya simak penjelasan mitos kehamilan di bawah ini:

1. Makanan pedas akan memicu persalinan prematur. Ini merupakan sebuah kesalahan. Karena jika mitos ini benar, maka ada banyak wanita hamil di berbagai negara yang akan mengalami kesulitan dalam mencari makanan untuk dimakan. Tidak ada bukti yang mendukung perkataan bahwa rasa pedas bisa mempercepat kehamilan.

2. Wanita hamil harus makan untuk 2 orang. Ini adalah pernyataan yang salah. Perut wanita hamil memang terlihat seperti membutuhkan menambah makanan tetapi kenyataanya adalah kehamilan hanya membutuhkan tambahan 300 kalori per hari. Jadi jika tidak ingin sang buah hati mengalami obesitas, pola makan seharusnya dijaga.

3. Selai cokelat bisa mencegah tanda peregangan. Ini juga merupakan kesalahan. Meskipun terdengar menggoda untuk memberikan perut yang terus membesar dengan krim yang memiliki keharuman seperti cokelat. Namun cara ini tidak bisa mencegah tanda peregangan. Bahkan selain cokelat bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Cara yang dianjurkan untuk mempercantik perut hamil adalah dengan vitamin E, yang telah dibuktikan bisa menghaluskan kulit, tetapi solusi ini juga tidak bisa mencegah tanda peregangan.

4. Berjalan bisa mempercepat persalinan. Ini adalah mitos yang salah. Meskipun ini merupakan cara menyehatkan untuk tetap menjadi aktif yang mudah dalam kehamilan, namun berjalan belum dibuktikan dapat mempercepat persalinan. Meskipun begitu, berjalan bisa membantu pertumbuhan kehamilan yang sedang berlangsung.

5. Tidak boleh memakan sushi ketika hamil. Ini merupakan pernyataan yang salah kecuali gulungan yang mengandung ikan kembung, ikan tongkol, hiu, dan tilefish. Wanita hamil bisa memakan ikan lain seperti salmon, yang memiliki kandungan tinggi omega-3 asam lemak yang memiliki manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan otak. Namun jangan berlebihan dalam memakan ikan tuna, usahakan di bahwa 12 ons dalam seminggu.

6. Tidur hanya berada di sisi kiri ketika hamil. Pernyataan ini juga merupakan kesalahan. Kecuali wanita hamil memiliki komplikasi serius dalam kehamilan seperti tingginya tekanan darah. Wanita hamil dibebaskan untuk tidur dengan gaya yang diinginkan. Pada akhirnya, kesempatan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak akan menjadi hal yang langka ketika bayi sudah lahir.

7. Jangan naik pesawat di trimester pertama dan terakhir. Mitos ini juga tidak benar. Untuk wanita hamil yang tidak menyukai penerbangan untuk keperluan bisnis, mungkin awalnya mengandung bisa mencegah hal ini. Namun kenyataanya, naik pesawat aman untuk dilakukan di bulan berapa pun dalam kehamilan. Namun, kebanyakan perusahaan penerbangan akan segan untuk mengizinkan wanita hamil tua menaiki pesawatnya, dikarenakan adanya kemungkinan pendaratan mendadak.

8. Wanita hamil tidak boleh minum kopi. Kembali ini juga merupakan mitos kehamilan yang salah. Untungnya untuk wanita hamil, adalah hal yang aman untuk meminum satu gelas kopi per hari. Tetapi jangan berlebihan, lebih dari 200mg kafein per hari bisa menyebabkan peluang persalinan prematur dan keguguran membesar.

Tambahan mitos kehamilan di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment