Wednesday, August 19, 2015

Ketahui Tentang Fungsi dan Jenis Dari Mainan Bayi 6-12 Bulan

mainan bayi 6-12 bulan
sumber foto: maternityandinfant

Dalam 6 bulan kedua dalam kehidupan bayi merupaan waktu dimana ia akan tumbuh dengan cepat, untuk itu orang tua perlu mengetahui mainan bayi 6-12 bulan yang tepat. Usia ini juga merupakan usia dimana bayi memiliki kemungkinan untuk bergerak. Ketika bayi sudah berusia 9 atau 10 bulan, ia mungkin sudah bisa mencari cara untuk bergerak ke segala sudut di ruangan. Ia mungkin melakukannya dengan menyeret, berguling, merangkak atau lainnya. Ketika bayi sudah berusia 12 bulan, ia mungkin sudah bisa berdiri atau bahkan sudah bisa berjalan.


Dengan koordinasi mata-tangan bayi terus meningkat sepanjang waktu, berarti bahwa waktu bermainnya akan menjadi jauh lebih energetik. Ia akan menyukai mainan yang berisik dan juga kuat. Di jarak usia ini, banyak mainannya akan dipukul, dilempat atau dibanting untuk mendapatkan kenikmatan maksimal pada dirinya. Di bawah ini adalah pilihan mainan yang pantas diberikan kepada bayi di rentang usia 6 hingga 12 bulan.

  • Boneka lembut atau boneka binatang. Merupakan hal yang bagus untuk bayi memiliki boneka yang bisa membuat buah hati menunjukkan rasa kasih sayangnya sekaligus bisa digunakan sebagai sumber rasa nyaman.
  • Mainan yang bisa digenggam dengan mudah. Menjangkau dan mengenggam akan membantu perkembangan bayi dalam meningkatkan koordinasi mata-tangan. Bayi akan secepatnya belajar untuk memindahkan mainan balok dari satu tangan ke tangan lainnya dan membanting 2 balok secara bersamaan.
  • Mainan yang bergerak. Ketika bayi sudah bisa merangkak dan bergerak ke sana-sini, ia akan menjadi lebih tertarik kepada mainan bayi 6-12 bulan yang bisa melakukan hal yang serupa. Cari mobil-mobilan kokoh yang bisa ia dorong di atas karpet atau mobil-mobilan bermotor. Bayi di usia ini akan suka mengejar mainan jenis ini,
  • Mainan interaktif. Mainan atau permainan apa pun yang mampu mendorongnya untuk bergantian merupakan contoh yang bagus di usia ini. Orang tua bisa memainkan permainan sederhana seperti petak-umpet, atau menggunakan telepon mainan yang bisa digunakan untuk berbicara lalu diberikan kepada bayi yang ia kemungkinan besar akan mengeluarkan celotehnya.
  • Mainan pemecah masalah. Mencari tahu kenapa balok kota tidak bisa dimasukkan ke dalam lubang berbentuk bulat merupakan tantangan yang bagus untuk menguji kemampuan pemecahan masalahnya. Namun, buah hati mungkin tidak bisa menyelesaikan masalah ini sampai usianya 18 bulan, sehingga orang tua tidak perlu khawatir jika ia tidak bisa langsung menemukan solusi dari masalah ini.
  • Mainan balok dan mainan tumpuk. Perlihatkan kepada bayi bagaimana cara untuk menumpuk beberapa balok kayu atau cangkir tumpuk. Tetapi ia kemudian akan lebih menyukai jika ia harus menghancurkan tumpukan tersebut. 
  • Mainan dorong. Jika bayi sudah bisa bergerak menggunakan kakinya, maka mainan dorong akan membantunya untuk melatih kemampuan berjalan barunya tersebut. Pilih mainan dorong yang kokoh dan memiliki bagian dasar yang lebar sehingga bayi bisa bersandar di atasnya untuk dukungan. Selalu perhatikan ketika bayi sedang menggunakan mainan dorong di kakinya, untuk menawarkan bantuan ketika ia terjebak atau membutuhkan bantuan.

Cari tahu segala informasi mengenai mainan bayi 6-12 bulan di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment